MAKAN BEDULANG TRADISI UNIK MASYARAKAT BELITUNG

April 14, 2020
Edukasi, Sejarah, Tips Wisata

Hallo Travellers,

Salam Bahagia dari Voltage Tour & Travel, semoga pembaca dirumah senantiasa diberikan kesehatan dan rezeki yang banyak supaya bisa mempersiapkan diri untuk berwisata. jangan lupa untuk berwisata bersama kami di Belitung atau destinasi lainnya.

Ketika berwisata kita terbiasa dengan menikmati keindahan alam dan makanan yang khas disetiap daerah. Namun, coba juga cara makan yang unik dan keindahan alam yang berbeda disetiap daerah.

Pulau Belitung memiliki kebiasaan makan yang unik loh. kebiasaan ini masih sering digunakan hingga saat ini. Bedulang namanya, makan bedulang merupakan tradisi bagi orang belitung. Makan Bedulang merupakan simbol kehangatan dan keharmonisan didalam sebuah keluarga.

Bentuk penyajian makan bedulang bisa dilihat pada gambar kami diatas. Dalam satu dulang terdapat 6 menu makanan. Berikut beberapa makanan yang biasa disajikan : Gangan Ikan Ketarap, Otak-otak ikan, lalapan mentimun dan daun singkong rebus, sambal, Oseng-osengan atau tumisan sayuran, ayam ketumbar ataupun ayam rendah, semua menu yang disajikan bervariasi dan semua menu itu di tutup menggunakan tudung saji Khas Belitung.

Untuk cara makan dengan prosesi bedulang itu sendiri harus diawal dengan yang lebih dewasa. Orang yang lebih dewasa dipersilahkan untuk membuka tudung saji yang menutupi menu masakan pada dulang. Lalu untuk keluarga yang paling muda ditugaskan untuk membagi piring dan perlengkapan makan kepada orang dewasa. Wah keren juga ya hehehe.

Tradisi yang berawal dari Keluarga
Makan Bedulang sebenarnya merupakan cara makan Keluarga di Pulau Belitung. Dahulu, seorang istri didalam keluarga memasak beberapa macam makanan dengan menu sederhana, lalu masakan itu disajikan menggunakan dulang. Ketika suami dan anak-anak telah tiba dirumah prosesi makan bedulang pun dilaksanakan.

Prosesi makan bedulang saat ini lebih digiatkan untuk tamu istimewa saja. contoh seperti kedatangan sanak keluarga dari jauh ataupun tetamu dari jauh, Masyarakat tersebut akan menyiapkan makan bedulang untuk menghormati tetamu. Makan bedulang juga sering dilakukan ketika ada prosesi adat/acara adat Belitung.

Nah, kurang lebih seperti itulah Tradisi Makan Bedulang yang merupakan cara makan unik di Pulau Belitung. Ada yang berminat? boleh saja silahkan hubungi Voltage Tour & Travel dan pilih Paket Wisata Belitung yang anda inginkan. Kami siap melayani perjalanan wisata anda di Belitung.

For more information you can contact us
Jl. Camar Perum Meirobieland No 12B, Aik Pelempang Jaya, Tanjungpandan, Belitung 33411
Telp : +62821-7724-1288
Whatsapp : +62821-7724-1288
Email : admin@voltagetour.com

 

6 thoughts on “MAKAN BEDULANG TRADISI UNIK MASYARAKAT BELITUNG

  1. Andika Widianto
    April 14, 2020
    Balas

    Mantap bang infonya, jadi tau makanan khas belitung

    • adminwisatabelitungtour
      April 14, 2020
      Balas

      Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya kak Andika. Terimakasih sudah mampir di website kami, ikuti selalu updatean artikel kami ya kak.

  2. Unif
    April 15, 2020
    Balas

    Menggiurkan min, jadi laper hehehe

    • adminwisatabelitungtour
      April 15, 2020
      Balas

      Ayoo kak Unif kebelitung. Nikmatin Kuliner Khas Belitung

  3. Fery Firnanda
    April 15, 2020
    Balas

    Penyajiannya bikin tergiur min. Mudah²an bisa segera kebelitung untuk menikmati hidangan bedulang Amiiiinnn.

    • adminwisatabelitungtour
      April 15, 2020
      Balas

      Hallo Kakak, Terimakasih sudah mampir di website Voltage Tour. Kami tunggu kedatangan kakak di Belitung untuk berwisata bersama kami ya kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hallo Traveler!

Klik salah satu Admin kami untuk chat via WhatsApp atau kirim email ke info@wisatabelitungtour.com

×